Beragam Manfaat Minyak Kemiri Dan Cara Membuatnya

Kemiri atau yang memiliki nama latin Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan minyak. Kemiri juga masih satu suku dengan singkong yakni suku euphorbiaceae. Biji kemiri dimanfaatkan dengan cara diekstrak untuk dijadikan campuran cat. Namun ternyata minyak kemiri memiliki manfaat luar biasa lainya terutama untuk mengatasi masalah rambut.

Beragam Manfaat Minyak Kemiri Dan Cara Membuatnya

Kemiri mengandung berbagai nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein, asam flat, fotosterol, dan vitamin. Minyak kemiri ini dibidang kesehatan bisa mengobati beberapa penyakit seperti demam dan sembelit. Sementara di bidang kecantikan bisa bermanfaat untuk rambut. Bagi kamu yang memiliki masalah kebotakan bisa mengoleskan minyak kemiri ini pada kulit kepala lalu beri pijatan. Diamkan selama 20 menitan dan bilas bersih. Dengan melakukan treatment secara rutin akan merangsang pertumbuhan rambut. Selain masalah kebotakan, masalah rambut seperti rontok, kusam, juga bisa diatasi dengan minyak kemiri ini. Lantas bagaimana mendapatkan minyak kemiri ini? ternyata mudah ikuti langkah langkahnya berikut ini

Secara umum cara membuat minyak kemiri bisa dilakukan dengan dua teknik yakni dengan cara diperas dan dengan cara dibakar. Cara yang pertama, anda bisa memarut atau memblender kemiri sampai halus. campur dengan air lalu peras dan ambil airnya. Simpan air perasan tersebut selama 24 jam lalu goreng hingga keluar minyak kemirinya. Ada beberapa kelebihan dengan cara seperti ini yakni minyak lebih bening dan beraroma sedap. Akan tetapi khasiatnya lebih sedikit ketimbang cara dibakar.

Sedangkan cara membuat minyak kemiri dengan cara dibakar bisa dilakukan dengan menjemur kemiri terlebih dahulu. Apabila sudah kering, lakukan pembakaran hingga gosong. Setelah itu hancurkan kemiri dengan cara ditumbuk atau diblender. Usapkan pada kepala langsung. Cara ini memberikan khasiat yang ampuh akan tetapi warnanya hitam dan akan mengotori.

So, kalau kamu memiliki masalah rambut yang tak kunjung teratasi, bisa mencoba khasiat dari minyak kemiri ini. Kalo gak mau susah susah membuat minyak kemiri sendiri, bisa membeli produk dalam kemasan yang sudah banyak dijual. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri

http://rambutmodel.com/tips/begini-cara-membuat-minyak-kemiri-sendiri-mudah-lho/